Skip to content

Jangan Asal Berubah !

Dunia terus berubah, jika tidak bergerak dan berubah maka kita hanya akan tertinggal. Apa gunanya menjadi seonggok daging dan tulang yang tidak tahu apa-apa.

Begitu saya menuliskan sebuah paragraf hasil pemikiran saya setelah membaca suatu blog di internet. Kita harus terus bergerak untuk berubah. Mungkin jika kita ibaratkan dunia dan segala perkembangannya adalah sebuah stom yang menuju ke arah kita. Mau tidak mau kita harus berjalan mendahului, atau bila perlu berlari. Lalu apa yang akan terjadi jika kita tidak berjalan terus atau diam dan berhenti. Ya, kita akan terlindas dan mati.

Mungkin itu hanya imajinasi saya saja dengan analogi yang sempat terlintas di benak saya. Anda mungkin punya analogi yang lain tentang hal ini. Tapi jelas satu hal. Kita memang harus terus bergerak !

Waktu kita terbatas. Hanya 24 jam sehari. Tidak kurang tidak lebih. Manfaatkan atau kita akan kehilangan. Oleh karena itu, jangan asal bergerak atau berubah. Tidak semua hal harus dikejar dan dikerjakan.

Fokuskan hidup kita untuk meningkatkan derajat kita di mata Allah, di dunia dan di akhirat. Kejar akhiratmu namun jangan kau lupakan duniamu. Seperti nasihat seorang Ibnu Umar, “Bekerjalah untuk duniamu seperti engkau hidup selamanya, dan beramal dan beribadahlah seperti engkau akan mati esok pagi.”

Ya, Anda harus fokus. Fokus adalah sebuah konsekuensi jika kita ingin melakukan yang terbaik dan mendapatkan hasil yang terbaik. Jangan asal-asalan melakukan suatu pekerjaan, apalagi pekerjaan yang sangat penting. Rasulullah mengingatkan kita, “Jika engkau shalat, maka shalatlah seperti ia shalat terakhirmu.” (Ath-Thabrani dalam Al-Mu’jam Al-Kabir).

Intinya, jadilah manusia yang berguna yang terus bergerak dan terus mengalirkan pahala. Jadilah ahli ibadah juga ahli manfaat.

Salam perubahan ! 😉

Published inInspirasi

2 Comments

  1. […] tahun yang lalu, di hari pertama saya membuka blog ini, saya menulis Jangan Asal Berubah dan Harus Yang Terbaik. Di situ saya ingin mengingatkan, kepada diri saya khususnya, dan Anda para […]

  2. […] tahun yang lalu, di hari pertama saya membuka blog ini, saya menulis Jangan Asal Berubah dan Harus Yang Terbaik. Di situ saya ingin mengingatkan, kepada diri saya khususnya, dan Anda para […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: