Skip to content

Selalu Berubah

Pada kenyataannya hidup ini selalu berubah. Akan selalu ada perkembangan dalam setiap aspek. Dari hal-hal yang sepele sampai yang gedhe. Menurut saya, alam ini mempunyai suatu hukum tak terbantahkan yaitu perubahan.

Hal baik yang kita lakukan hari ini bisa jadi merupakan sesuatu yang biasa besoknya. Dan begitu seterusnya. Di sini ada pesan sederhana untuk kita pahami dan praktikkan. Seiring bergantinya hari, haruslah dibarengi dengan bertambah baiknya diri kita. Kalau tidak demikian maka kita hanyalah orang yang rugi. Tentu Anda masih ingat dengan pesan Nabi Muhammad Shallahu’alahi wassalam, “Barang siapa hari ini LEBIH BAIK dari hari kemarin, dialah tergolong orang yang BERUNTUNG,
Barang siapa yang hari ini SAMA DENGAN hari kemarin dialah tergolong orang yang MERUGI
dan Barang siapa yang hari ini LEBIH BURUK dari hari kemarin dialah tergolong orang yang CELAKA” (HR Hakim)

Mana mungkin tidak penting jika Beliau Shallahu’alahiwassalam sampai memberi pesan ini. Tentulah sangat penting untuk kita, dan pasti akan bermanfaat untuk kita.

Kita bisa analogikan manusia seperti air. Air ketika mengalir maka ia akan memberi manfaat. Menghidupi tanaman-tanaman, hewan-hewan, juga manusia. Menyuburkan, membersihkan, dan lain-lain. Namun ketika air hanya diam dan tidak bergerak, alias tidak ada perubahan, air itu akan menumpuk bersama kotoran. Menjadi bau dan menjadi sumber penyakit.

Dewasa ini dunia gadget begitu memikat. Bagaimana tidak, sebuah alat yang dapat membantu memaksimalkan pekerjaan kita, sekaligus bisa menjadi alat untuk menghibur di kala penat. Dan pastilah bisnis di bidang ini sangat menjanjikan. Coba perhatikan bagaimana perusahaan-perusahaan IT sangat serius dalam berkompetisi membuat dan memasarkan produknya. Tidak heran review tentang gadget selalu dibanjiri dengan ulasan gadget-gadget yang selalu baru. Mereka selalu menawarkan sesuatu yang baru, berbagai kemudahan, dan yang cukup menarik bagi orang-orang saat ini, ke-elite-an. Gadget terbaru hari ini bisa jadi tidak semenarik hari ini 1 bulan mendatang.

Begitu jugalah seharusnya kita. Harus selalu berubah. Tentu saja ke arah yang lebih baik. Tolong pahami kata ‘berubah’ sebagai kata menuju ke arah yang baik ya ;).

Dalam semua aspek kehidupan, hanya orang-orang yang terus melakukan ‘perubahan’-lah yang mampu bertahan. Sedangkan mereka yang hanya diam dan tidak mau melakukan perubahan akan mati. Ya, mati dalam artian mati sebenarnya, hanya saja mereka belum dikubur saja. Karena saya pikir, orang yang tidak mau berubah tak ubahnya seorang tua renta yang tinggal menunggu ajalnya. Tak peduli berapa usia orang tersebut. Tapi kalau seseorang selalu berubah dan selalu memperbaiki, meskipun dia sudah tua kita akan melihatnya seperti dia masih muda. Bukan begitu? 🙂

Maka, tanamkan pada diri kita untuk selalu berubah. Lakukan perubahan itu dari hal-hal yang kecil dulu. Dan tentunya lakukan terlebih dahulu pada diri kita sendiri. Ketika kita bisa untuk melakukan kebaikan, maka lakukanlah segera !

Sip, salam perubahan 🙂

Published inInspirasi

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: